Selasa, 26 April 2016

Festival Jelajah Triboatton di Sungai Musi

source: gosumatera
Holiday Post – Sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai musi. Sungai dengan panjang 750 KM ini berada di Provinsi Sumatera Selatan dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Keistimewaan sungai musi ini adanya jembatan penghubung dan sekaligus menjadi icon di kota Palembang. Pernah mendengar jembatan ampera bukan? Jembatan ini yang menghubungkan kota Palembang.


Sekilas Info: Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota Palembang. Jembatan Ampera ini menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

source: indonesia.merahputih
Sungai ini memang terkesan biasa saja dan dimanfaatkan penduduk setempat sebagai sarana transportasi. Namun, satu hal yang pasti, bagaimana sungai yang biasa saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Palembang. Hal ini lah yang dipikirkan pemerintah setempat, hingga dibuatlah even yang fantastik yakni Jelajah  Musi Triboatton.


Even ini telah memasuki even yang kelima yang diselenggarakan pemerintah setempat. Dimana dimaksudkan untuk meningkatkan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Palembang. Serta untuk menjaga kelestarian sungai musi agar kebersihan tetap terjaga. Sebab, sungai terpanjang ini melewati beberapa kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Sehingga even ini dibalut dalam even festival wisata dan budaya tahunan pemerintah setempat. 

source: palembangtourism
Musi Triboatton sendiri adalah olahraga air, para peserta akan mengarungi sungai sepanjang 500 KM. Dimana ada tiga katagori yang dilombakan dalam Musi Triboatton yakni arum jeram (Rafting), kano dan kapal naga (Dragon Boat). Perlombaan dimulai di Kota Pagaralam dan berakhir di Benteng Kuto Besak Kota Palembang. Pasti sangat seru menelusurin keindahan sungai musi sambil berlomba.

Sekilas Info: Lima etape dimulai dari Tanjung Raya Kabupaten Empat Lawang, Muara Kelingi (Kabupaten Musirawas), Sekayu (Kabupaten Musi Banyuasin), Banyuasin (Kabupaten Banyuasin), dan berakhir di Kota Palembang. Sementara pembukaannya akan dilakukan di Musi Banyuasin sebagai tuan rumah pelaksana. Di tahun 2016 ini garis finishnya berada di Kelurahan 10 Ulu Kota Palembang. Sebab Benteng Kuto Besak dalam perbaikan

source: asrigita.wordpress
Bagi masyarakat setempat, sungai Musi adalah pantai yang memanjang. Tempat berlabuhnya kegiatan perekonomian. Serta tempat bersantai usai melakukan aktivitas. Meskipun sungai tetapi perairannya juga memiliki gelombang, serta beberapa lokasi menyuguhkan pemandangan malam yang memang enak untuk dilihat.

Sehingga tidak heran, penduduk setempat memanfaatkan lokasi di tepian sungai sebagai tempat wisata lokal. Tidak heran, jika banyak terlihat kafe dan restoran yang tersebar di tepian sungai musi. Bahkan juga ada rumah makan terapung, hotel dan tempat perbelanjaan kerajinan masyarakat setempat. Apalagi, di beberapa titik tersedia perahu jelajah, dimana kita bisa menyewa untuk melihat pemandangan menawan sambil mengarungi sungai musi.



 Sekilas Info:  Sungai musi sebagai tempat wisata di Sumatera Selatan yang membelah Kota Palembang dalam dua kawasan yang berbeda yakni bagian utara dinamakan seberang ilir dan bagian selatan bernama seberang ulu. Sunga Musi tidak akan mengalami kekeringan, karena menjadi tempat perairan sembilan anak sungai besar, mulai dari Sungai Rawas, Leko, Kelingi, Semangus, Komering, Batanghari, Lakitan, Lematang dan yang terakhir Sungai Ogan.

Bagaimana untuk menikmatin wisata di sungai musi? Caranya sangat mudah, kita tinggal pergi ke kota palembang. Bahkan, untuk menuju objek wisata sungai musi bisa menggunakan transportasi umum yang ada di kota Palembang untuk menuju lokasi jembatan ampera.

source: tempo.co
Festival Jelajah Triboatton di Sungai Musi tahun 2016 ini akan diselenggarakan di bulan Mei. Yuk, lihat festival agenda tahunan di Palembang, bisa dipastikan keseruannya. Selain menikmatin pemandangan di tepian sungai musi. Kita juga akan melihat berbagai wisata budaya yang diselenggarakan. Sekaligus mengenal lebih dekat kota Palembang yang tidak hanya dikenal sebagai kota kuliner empek-empeknya saja. Melainkan beragam wisata yang bisa dinikmatin di kota Palembang, mulai dari festival tahunan sungai musi, Masjid Cheng Ho, Wisata Bukit Siguntang, air terjun Lematang Indah, unung Dempo, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi, nikmatin liburan di kota Palembang.

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba blog “Jelajah  Musi Triboatton” #MusiTriboatton2016



0 comments:

Posting Komentar