Sabtu, 16 April 2016

Weh, Eden Tersembunyi di Pariwisata Aceh



Holiday Post - Indonesia kaya, Indonesia jaya. Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali ditemukan spot-spot wisata yang keren dan tentunya masih berada di wilayah Indonesia. Salah satunya yang patut diperkenalkan di kalayak ramai adalah Pesona wisata bahari di Sabang Pulau Weh. Ayo, jujur siapa yang tahu mengenai Pulau Weh? Tidak banyak orang yang mengetahui lokasi Pulau Weh ini. Pulau ini seperti tersembunyi dan hanya sedikit wisata lokal yang menikmatin wisata bahari disini dan selebihnya malah wistawan asing. Kenapa bisa begitu? Dimanakah Pulau Weh dan apa yang ditawarkan di Pulau ini?


Sekilas Info: Banda Aceh menyimpan banyak keindahan alam, salah satunya di kota Sabang, Pulau Weh. Namanya memang belum familiar tetapi jangan salah Pulau Weh ini sudah ada sejak lama dan sudah banyak wisatawan asing berkunjung ke Pulau Weh. Pulau Weh itu luasnya hanya  156,3 km², tetapi memiliki banyak pegunungan. Puncak tertinggi pulau ini adalah sebuah gunung berapi fumarolik dengan tinggi 617 meter (2024 kaki). Dari segi geografis, wilayah Kota Sabang berada pada 95°13'02"-95°22'36" BT, dan 05°46'28"-05°54'-28" LU dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India. Plus wilayah Kota Sabang dikelilingi Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat.

Pantai Gapang source:acehpariwisata
Banyak hal yang ditawarkan di Pulau Weh ini, sudah pasti wisata baharinya yang patut untuk dirasakan dan dinikmatin para pengunjung di Pulau Weh. Pulau Weh ini memiliki beberapa pantai mulai dari bagian ujung utara hingga barat. Nama-nama pantainya mungkin masih belum familiar bagi yang tidak mengetahuinya yakni Pantai Iboih, Pantai Gapang, Pantai Kasih, Pantai Sumur Tiga, dan Anoi Hitam. Selain pantai ada danau yang bernaka Aneuk Laot. Ada Air Terjun Pria Laot, Pemandian air panas, Hutan Wisata Iboih, Benteng, dan gunung berapi.

Masa seh? Pulau sekecil itu semuanya ada? Yang bener saja! Benar, awalnya juga admin tidak percaya! Tapi kenyataannya memang demikian. Bahkan setiap pantai yang ada di Pulau Iboih ini menawarkan pemandangan dan keindahan yang berbeda. Bisa dikatakan setiap tempat memiliki ciri khas keindahan yang membuat pengunjung akan speechless. Kita buktikan yuk?

Sebelumnya itinerary-nya dulu saat bertandang ke Pulau Weh, sehingga tidak nyasar dan sia-sia deh. Selain itu juga biar mengunjungi tempat wisatanya tidak kacau. Berdasarkan pengalaman admin saat liburan di Ubud, asal pergi tanpa tahu tujuan atau lokasi tempat wisatanya yang jauh dan dekat, jadi kacau. Nah, ini dia berdasarkan hasil penelitian dari membaca dan melihat di google map mengenai Pulau Weh satu ini. Bisa ditiru biar liburannya berkesan dan bukan hanya terasa capek dan uring-uringan karena tanpa arah yang pasti dan jelas.


Hari pertama
Tiba di Pulau Weh melalui Pelabuhan Balohan – Langsung cari angkot atau sewa travel ke Pantai Iboih – Cari penginapan di sekitar Pantai Iboih – Menikmatin Pantai Iboih – Diving atau snorkeling di Pulau Rubiah

Hari kedua
Menikmatin sunrise di Pantai Iboih – Sarapan dan bersih-bersih – Berkunjung ke Pantai Gapang – Menyelam di gunung berapi dibawah laut (underwater volcano) atau dikenal dengan hydrothermal – hot springs – Tugu Monumen KM 0 - istirahat

Hari ketiga
Pantai Pende - White beach - - Goa Sarang  - waterfall – kota sabang – sunset di festival

Hari keempat
Snorkeling sambil menunggu jam breakfast – check out - Menuju Pantai Sumur 3 – check in - Aneuk Laot Lake - Kasih beach - Sabang Hill

Hari kelima
Menikmatin sunrise di Pantai Sumur 3 – Benteng – Anoi hitam –  Gunung berapi – Sunset di Restoran

Hari Keenam
Menikmatin Sunrise di Pantai Sumur 3 – Check out – Cari oleh-oleh di kota sabang – Pelabuhan Balohan ke Banda Aceh


Sudah dapat gambarannya untuk berkunjung ke Pulau Weh dengan menggunakan waktu yang ada dan bijaksana. Tentunya, liburan jadi akan sangat berkesan dan bukan hanya capek saja yang didapat tetapi kenangan dan kegembiraan selama menikmatin holiday di Pulau Weh. Ini dia kenapa wajib holiday di Pulau Weh dan keistimewaan apa saja yang didapat di Pulau Weh.

Ini dia alasan wajib mengunjungi Pulau Weh:
  • Banyak menawarkan wisata Pantai yang layak dikunjungi
  • Lokasi pulau yang memiliki “harta” alam yang terpendam mulai dari gunung berapi menculang hingga gunung berapi dibawah laut.
  • Harga sangat terjangkau dan transportasi menuju Pulau Weh yang mudah didapat bila dibanding di daerah lain yang harus merogoh kantong dalam-dalam untuk bertandang
  • Harga penginapan dan makanan yang bisa dijangkau semua kalangan, liburan ala backpacker atau luxulary bisa didapat di Pulau Weh.
  • Warganya yang ramah sehingga sangat mudah untuk membaur dengan penduduk setempatan


Pantai Gapang source: acehpariwisata
Peraturan di Pulau Weh tidak sekaku di Banda Aceh. Jadi kamu bisa bebas pakai baju renang. Asal masih sopan saja ya, karena kita budaya timur bukan barat. Kalau melihat wisatawan asing memakai bikini atau baju renang yang seksi, di pulau weh tidak dipersoalkan. Kalau kamu? Kalau admin secara pribadi seh lebih senang pakai pakaian yang nyaman dan sopan. Tidak buka-bukaan gitu.

Melirik dari dekat Pulau Weh dan spot yang layak dikunjungin.

#Pantai Iboih di Desa Iboih
Pantai Iboih source irstc.istn
Pantai Iboih ini sangat menarik untuk dikunjungi dan di pesisir pantai terdapat banyak penginapan yang bisa dipilih. Air lautnya yang jernih dan banyaknya ikan yang berenang membuat lokasi terujung ini menjadi tempat istimewa bagi pengunjung di Pulau Weh, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan ada turis asing yang sengaja berlama-lama berada di Pulau Weh untuk menikmatin liburan yang menakjubkan ini. Benar-benar memahami arti liburan yang sesungguhnya yaitu bersenang-senang tanpa diuber-uber waktu.

Alert: Penduduk Pulau Weh adalah penduduk yang benar-benar santai dan tahu benar menikmatin hidup. Mungkin karena letak geografisnya yang berada di ujung dan cuaca yang sangat panas dan menyengat. Sehingga bisa dikatakan setiap pukul 12.00 hingga 03.00 sore, banyak didapatin warga Pulau Weh sedang bersantai di teras.

Pantai Iboih source ksmtour
Pantai Iboih sendiri, beberapa orang luar menyebut pantai iboh sebagai pantai panjang (long beach). Mungkin karena pesisir di pantai iboih ini lebih luas dan panjang dibanding pantai di Pulau Weh. Pantai Iboih ini adalah tempat yang cocok untuk untuk melakukan wisata bahari seperti memancing, berenang, snorkeling maupun diving. Pantainya sangat jernih dan pemandangannya, tidak bisa dituangkan dalam kata-kata. Karena begitu indah dan terpesona, seperti memiliki magic untuk menarik pengunjung pantai iboih untuk berbasah-basahan ria. Karena airnya yang begitu bening menyatu dengan keindagan langit. Cocok bagi yang suka menghabiskan waktu liburan ke pantai Teupi Layauh di Iboih.

#Pulau Rubiah
source:wisataaceh
Pulau Rubiah adalah surganya para pecinta laut baik yang suka snorkeling maupun diving. Arus di Pulau Rubiah ini sangat cocok bagi pemula. Karena tidak terlalu kuat, selain itu banyak sekali terdapat terumbu karang dan beberapa jenis ikan hias yang senang berenang di laut satu ini.


#Pantai Gapang
Laut Lepas di Pantai Gapang source geomagz
Pantai ini tidak seramai Pantai Iboih, tetapi sensasi yang ditawarkan juga tidak kalah menariknya. Perbedaannya di Pantai Gapang ini gelombang air laut terlihat lebih besar dibanding di Iboih. Suasana yang tenang di pantai gapang ini banyak membius pengunjung untuk melupakan sejenak urusan pekerjaan, rumah ataupun kehidupan nyata yang akan menanti nanti. Pengunjung benar-benar seperti dihipnotis dengan keindahan sambil menikmatin ayunan sederhana.

Alert: Ayunan yang disediakan di pantai gapang ini hanyalah ban bekas yang digantung di pesisir pantai gapang. Ayunan ini menjadi daya tarik pengunjung untuk mencoba. Menikmatin nuansa pantai dan angin laut yang segar. Plus birunya pantai yang menggoda untuk disambangin.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai gapang yakni menyelam, snpperkeling, berperahu mengintari kawasan pulau, selancar angin, memancing atau bermain jet ski, ski air dan power boat. Plus kegiatan melihat hydrothermal di lepas pantai gapang bagi penyuka diving atau menyelam dan hot spring .


#Hot spring di Pantai lepas Gapang atau Hydrothermal
Salah satu tempat yang menarik yakni menikmatin lokasi menyelam dibawah air gunung berapi (orang asing menyebutnya underwater volcano). Lokasi ini hanya sekitar 10 menit menggunakan kapal dari Pantai Gapang. Sedangkan lokasi pemandian air panas sekitar 6 meter dari tempat menyelam.

#Air Panas atau Lumpur di Desa Iboih
Lumpur panas berlokasi dekat desa Iboih. Kawasan ini merupakan sebuah gunung berapi kecil yang mengeluarkan lumpur panas dari lubangnya, tidak terlalu aktif tetapi kadang-kadang mengeluarkan gas dan asap.  Terkadang penduduk setempat juga mengatakan lokasinya di Dusun Siruit, di sisi Barat teluk Pria Laot, dengan kolam lumpur panas mendidih di pantai dan sumber air panas bawah laut di kedalaman sekitar 6 m. Dimana pun itu, sangat direkomendasikan berkunjung ke lokasi ini. SPA Gratis J

Alert: Pemunculan air panas Iboih berloksi di pantai utara dekat ujung barat pulau Weh, koordinat x = 748229 dan y = 650939. Suhu air panas agak rendah yaitu antara 38 – 41 oC, talah terkontaminasi air laut. Manifestasi ini telah dikembangkan sebagai tempat pemandian, ka-rena lokasi ada dalam wilayah pariwisata. Mata air panas ini diduga bersumber dari tu-buh Lava Iboih.

#Tugu Monumen KM Nol
Tugu Nol KM source: wisataaceh
Ini hanya wisatwan lokal yang tertarik berkunjung kemari. Karena pengukuran pulau Indonesia dimulai di titik nol ini hingga ke ujung kulon sana J bukankah Indonesia memiliki banyak pulau, budaya, bahasa dan tempat eksotis yang sudah terjamah maupun belum. Tinggal kitanya saja yang harus menjelajahi dan memperkenalkan pada dunia.

Sekilas Info: Sebenarnya titik Nol di Indonesia ini dimulai di Pulau Rondo. Dari sana itulah tidak terlalu jauh dari Kepulauan India. Pulau Rondo sendiri terkenal sebagai lokasi tempat pemancingan yang sangat menarik. Alternatif untuk berpergian ke Pulau Rondo itu sangat mudah dan murah dengan bergabung dengan nelayan dari Iemeulee dekat kota Sabang . Di sana kita bisa mendapatkan kesepakatan yang baik.

Sebuah tugu yang menjadi simbol titik awal dari wilayah negara Indonesia ini menjadi salah satu tujuan wisata lokal. Sebab, beberapa turis dari mancanegara kurang tertarik. Namun bagi kita, Tugu Monumen KM 0 ini wajib dikunjungin. Tanggungkan, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Iboih. Dari Tugu Nol Kilometer ini kita juga bisa menyaksikan pemandangan selat Malaka serta tebing di pinggiran Pulau Weh yang indah. Plus keindahan sunset.

Alert: Tugu monumen KM Nol ini berada masuk dalam kawasan hutan yang dilindungin. Sehingga banyak sekali binatang liar yang bisa dilihat. Seru untuk treaking dan bersenang-senang. Catatan: asalkan kondisi tubuh fit dan kuat, karena ini benar-benar masih hutan. Namanya saja hutan konver.....

#Air terjun tanah Laot
Air Terjun Tanah Laot source:inaceh
Air terjun tanah laot ini tidak terlalu jauh antara kota Sabang hanya 11 KM. Jalur menuju air terjun tanah laot juga bisa ditempuh dari Pantai Gapang. Suasana perdesaan sangat terasa saat menuju ke air terjun satu ini. Untuk menikmatin pemandangan air terjun ini perlu menelurusin beberapa ratus meter jalan setapak dihutan, ikutin saja jalur perairan sungai. Hingga akhirnya akan tiba di air terjun.

Sekilas Info: Jangan membayangkan air terjun ini sangat besar. Setidaknya pemandangan ini juga diminanti para pelancong di Pulau Weh. Meskipun kondisi jalannya lumayan melelahkan sekitar 15-20 menitan untuk menuju lokasi air terjun. Namun, rasa lelah terbayarkan dengan suasana sekitar air terjun yang masih sangat asri dan dikelilingi hutan dengan pepohonan.

Alert: Hati-hati jangan masukan kaki ke dalam air di air terjun ini. Jika tidak mau kakinya di “makan” ikan. Tau tidak, ada ikan di dalam aquarium lalu ada beberapa orang yang memasukan kakinya ke dalam aquarium. Kemudian ikan akan memakan kulit mati pada kaki yang dimasukan ke dalam air. Nah, ini juga terjadi di air terjun ini. Masyarakat Sabang menyebutnya ikan bulan. Seru bukan? Dapat “spa gratis” saat bertandang ke air terjun satu ini.

#Goa Sarang
Apakah anda suka tantangan? Terdapat beberapa gua alami di pantai barat Pulau Weh yang terletak berseberangan dengan Hutan Wisata Iboih. Gua-gua ini menghadap ke samudra dan dihuni bermacam burung, kelelawar, dan ular. Menjelajahi tempat ini dengan menggunakan perahu harus didampingi oleh penduduk lokal karena lokasi yang cukup sulit dijangkau, dan berbahaya, terutama antara bulan Mei dan September saat musim angin Barat. Kondisi ini sangat menantang bagi pencinta gua. Goa Sarang hanya dapat dicapai dengan berenang atau dengan perahu di pada saat air surut. Goa Kamprek adalah tiga gua kecil yang berjarak beberapa ratus meter

#Pantai Sumur 3
Pantai Sumur tiga, pemandangan yang pantas untuk dilihat. Namanya unik konon karena ada tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantai. Sumur Tiga punya pesona pasir putih dan ombak nan indah. Terlebih saat matahari terbit dan terbenam, langit berwarna oranye cerah menambah keindahan sendiri. Tak heran bila banyak wisatawan asing yang menghabiskan bulan madu di pantai ini. Pantai ini menawarkan gradasi warna pantai yang indah, mulai dari hijau, biru muda, hingga biru pekat. Plus snorkeling dan menikmati biota bawah laut di pantai ini pilihan tepat.

Sekilas Info: Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, jadi pada siang dan sore hari bisa berenang dengan nyaman. Cobalah menyusuri pantai dari mulai depan penginapan Freddies, terus lurus hingga penginapan Casa Nemo, dan nikmati kelembutan pasir putihnya.

Alert:  Kebanyakan penginapan di sini mempunyai restoran yang menyediakan menu a la carte lezat. Harga makanan pun tidak terlalu mahal, berkisar antara Rp. 25.000 – 50.000.

#Danau Aneuk Laot
Danau yang cukup besar ini merupakan sumber air tawar sekaligus PLTA bagi seluruh pulau. Pemandangan danau ini dari dalam kendaraan, karena jalannya meliuk di salah satu sisi danau. Ditepian danaunya bisa melihat aktivitas warga memancing dan mengurus tambak ikan air tawar.

#Benteng atau Japanese Fortress
Benteng Jepang ini sebenarnya bukanlah pantai, melainkan bukit kecil di dekat laut dengan sisa-sisa reruntuhan benteng. Namun karena pemandangan dari benteng Jepang ini sungguh indah untuk dilewatkan, izinkan saya memasukkannya ke dalam daftar pantai di Pulau Weh.

Pemandangan di sekitar Benteng Jepang Terletak di antara pantai Sumur Tiga dan pantai Anoi Itam, benteng Jepang dapat ditempuh sekitar 15 menit naik mobil dari kedua titik pantai tersebut. Dari jalan raya, anda perlu trekking ringan kurang lebih 10 menit. Lumayan terjal jalan masuk yang harus dilalui. Namun jangan menyerah, sesampainya di atas anda akan disuguhi hamparan samudera hindia yang terbentang luas. Tidaklah mengherankan jika tempat ini dijadikan benteng untuk mengawasi pergerakan kapal musuh pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

#Pantai Anoi Berpasir Hitam
Tak selamanya pantai berpasir putih adalah yang paling indah. Pulau Weh menyuguhkan sesuatu yang berbeda lewat Pantai Anoi Itam. Tidak hanya warnanya yang unik, pasir berwarna hitam itu ternyata memiliki butiran yang lebih besar dibanding pasir lainnya. Membuat kaki seakan sedang menginjak biji lada hitam. Selain pasir vulkanik, pantai ini punya pemandangan yan sangat indah bila menikmatinya dari atas bunker peninggalan Jepang.

Pantai Anoi Itam memang paling pas untuk dinikmati dari jarak jauh, sebab memiliki karang tajam dan ombak kuat sehingga kurang cocok untuk dijadikan tempat menyelam. Pantai ini berada tidak jauh dari pelabuhan. Pantai Anoi Itam memiliki pemandangan yang indah, serta beberapa benteng peninggalan Jepang yang masih terjaga kelestariannya. Benteng-benteng inilah yang dulu menjadi pusat pertahanan Jepang terhadap serangan musuh dari laut dan udara.

Sekilas Info: Jika ingin berkunjung ke pantai Anoi Itam, cobalah ke Resort Anoi Itam. Dengan membayar biaya masuk Rp.10.000 kita dapat menikmati pantai Anoi Itam yang sepi dan pemandangan dari tebing-tebingnya yang menakjubkan.
Alert: Tak perlu khawatir harus menelesuri tebing-tebing terjal untuk melihat pemandangan yang menakjubkan itu, Resort Anoi Itam sudah membangun jalan setapak dan beberapa gazebo yang akan memudahkan anda menelusuri pantai Anoi Itam.

#Anoi Itam dan Cok Beu
Dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer yang dimulai dari Anoi Itam sampai dengan Cok Beu lokasi ini sangat cocok untuk wisata sepeda gunung, melewati perkampungan dan wilayah hutan yang terdapat disekitar lokasi wisata. Sambil mendayung sepeda dengan menaiki dan menuruni lereng berbukit, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang tak kalah meneriknya, satwa liar misalnya, seperti (burung srigunting, babi hutan, dan monyet ekor panjang) menjadi daya tarik tersendiri jika berwisata sepeda gunung dikawasan wisata ini.

#Gunung Berapi
Lokasi gunung berapi Jaboi (Jaboi Volcano) ini berjarak kurang lebih 15 Km dari pusat kota dan berlokasi di Jaboi Kecamatan Sukajaya dengan luas area 450 m. Potensi yang menjadi daya tarik tersendiri seperti kawah belerang, hutan rotan dan satwa liar (burung, monyet, babi hutan). Butuh waktu sekitar 2 jam untuk tiba di kawah gunung berapi satu ini. Nah, bagi yang punya keterbatasan fisik alias anak mami. Lebih baik di skip saja.

#Pemandian air panas Keuneukai
Hot spring Keuneukai ini terletak di sebelah selatan Pulau Weh. Sangat cocok mengunjungin tempat ini di hari terakhir untuk melepaskan lelah. Air panas ini berasal dari gunung berapi yang terletak di tengah-tengah Pulau Weh.


Sekian info mengenai wisata bahari sabang yang bisa dinikmatin... Tidak heran apabila pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas Pariwisatanya sedang gencar mempromosikan wisata di Pulau Weh, khususnya wisata bahari. Karena pemandangannya memang menarik untuk diselamin.
        




Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin dibahas tetapi keterbatasan postingan. Sehingga tidak bisa dikupas tuntas dalam satu artikel. Namun, jangan mau ketinggalan. Mari datang ke Pulau Weh dan nikmatin liburan. Lupakan sejenak persoalan hidup dan kantor, dengan bertandang ke Pulau Weh dan nikmatin sensasi alam bawah laut, wisata bahari yang tak akan terlupakan dengan pergi memancing maupun menikmatin makan khas aceh sembari menanti sunset.


Artikel terkait yang Citra Pandiangan tulis mengenai wisata bahari Pulau Weh bisa disimak disini dan mudahan dalam waktu dekat bisa membuat dalam versi bahasa inggris.

Pariwisata Bahari Lengkap di Pulau Weh Aceh klik disini 
Mengintip Pesona Pariwisata Aceh di Pulau Weh klik disini.

0 comments:

Posting Komentar