Minggu, 15 Mei 2016

5 Hal Jangan Lewatkan Bertandang di Balikpapan

Holiday Post- Liburan telah tiba, kayanya setiap akhir pekan selalu saja menuliskan kata itu dengan semangat. Siapa coba yang tidak senang liburan hehe. aku dan kamu pasti sama dong, doyan banget liburan.


Balikpapan, bukan di balik papan lho, tetapi nama salah satu kota di Kalimantan Timur. Kalau membicarakan Balikpapan itu selalu saja mengingatkanku akan masa kecil hehe. let’s talk about apa yang harus dilakukan saat berkunjung di Balikpapan.

5. Pesona Pantai
Namanya Indonesia banyak pulau, otomatis hal-hal berbau pantai akan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Nah, di Balikpapan ada beberapa pantai yang cocok dikunjungin yakni pantai manggar dan pantai Pantai Lamaru.

4. Penangkaran Buaya Teritip
Nah, Kalimantan itu terkenal dengan buayanya. Jadi, ayok bertandang ke Penangkaran Buaya Teritip. Apalagi, saat friends sedang berada di pantai lamaru, karena lokasinya tidak terlalu jauh lho dari pantai lamaru. Sekalin saja mampir kemari.

Penangkaran Buaya Teritip. Penangkaran buaya dengan luas 5 hektar ini menjadi salah satu tempat wisata di Balikpapan yang banyak dikunjungi. Selain ada lebih dari 1.500 ekor buaya, di sini juga ada kandang ular dan monyet. Ada pula gajah Lampung yang bisa dinaiki untuk berkeliling kawasan penangkaran buaya ini.


3. Pesona Hutan Lindung
Ada beberapa hal yang bisa dinikmatin saat bertandang di kalimantan timur, khususnya di Balikpapan yakni hutan lindung. Salah satu yang menjadi primadona adalah Bukit Bangkirai yang berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tempat wisata ini merupakan hutan hujan tropis yang masih alami.
Fasilitas di sini sudah lengkap mulai dari kolam renang, restoran sampai dengan cottage bergaya rumah panggung yang bisa digunakan untuk menginap. Disebut Bukit Bangkirai karena memang terdapat banyak pohon bangkirai di sini, bahkan ada pohon bangkirai yang berusia 150 tahun dengan tinggi mencapai 50 meter dan diameter batangnya 2.3 meter.

Yang menarik dari tempat wisata di Balikpapan ini adalah adanya canopy bridge yang menghubuungkan lima pohon bangkirai. Jembatan ini terbuat dari kabel dengan dasar papan dan dinding berjala. Jembatan dengan panjang 64 meter dan tinggi 30 meter merupakan jembatan kanopi pertama di Indonesia. Untuk bisa menaikinya, Anda perlu membayar 15.000 Rupiah untuk wisatawan domestik dan 30.000 Rupiah untuk wisatawan mancanegara. Tapi ingat, Anda dilarang menaiki jembatan jika angin bertiup sampai dengan kecepatan 30 km per jam demi alasan keselamatan.

2. Taman dan Monumen
Nah, landmark kota Balikpapan adalah monumen yang berada di dekat pantai melawai. Plus juga  taman Bekapai. Landmark kebanggaan warga Balikpapan.  Taman Bekapai memiliki sebuah patung atau monumen perunggu yang berbentuk abstrak dan dapat keluar air mancur dari dalamnya. Air mancur ini dengan bantuan pencahayaan yang tepat akan terlihat menyerupai semburan minyak bumi. Pemandangan ini terlihat semakin indah pada saat malam hari. Selain air mancur yang unik, di taman ini juga terdapat bangku-bangku untuk beristirahat dengan pepohonan rindang untuk berteduh. Tempat wisata di Balikpapan ini menjadi salah satu lokasi wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan luar kota.

1. Kuliner
Tentunya tidak lengkap kalau berkunjung ke Balikpapan tidak mencoba kuliner khas kota tersebut. Salah satu yang banyak diminati adalah kepiting, pisang gapit dan masih banyak lagi menu-menu yang menarik untuk disantap. Jadi tunggu apalagi, mau coba kuliner ekstrem yakni makan daging buaya. Berani?

Okey, sekian dulu holiday post membahas mengenai kota Balikpapan, dilain kesempatan akan dibahas secara detail. Selamat akhir pekan.




0 comments:

Posting Komentar