Sabtu, 26 Maret 2016

Jaga Kesehatan, Kondisi Cuaca Buruk

Belakangan ini kondisi cuaca sangat buruk, khususnya di Pulau Bintan, tepatnya di Tanjungpinang. Bayangkan saja hujan dan panas tidak pernah ke tebak. Beberapa waktu lalu, Citra baru saja sembuh dari penyakit batuk dan demam yang menyebalkan. Lalu, sekarang adik, adik sembuh, sekarang mama. Lha, sekarang Citra juga rasa-rasa meriang gimana gitu.

Kenapa kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak bisa membuat badan jadi semakin drop. Berdasarkan pengalaman pribadi, kenapa badan bisa drop masing-masing orang memiliki kasus yang berbeda. Kalau berdasaran pengalaman pribadi citra neh, kondisi badan yang drop karena

  • Kurang istirahat
  • Malam bergadang
  • Lupa minum air putih
  • Tidak ada olahraga
  • Kelamaan di depan computer
  • Tidak makan secara teratur
  • Ngemil makanan manis
  • Banyak pikiran dan tekanan


Ini adalah penyebab badanku jadi drop, biasanya kalau secara pribadi. Citra bukanlah tipe yang senang berolahraga, tetapi citra biasanya seminggu tiga kali melakukan jalan 1000 langkah or setidaknya 500 langkah.

Selain itu minum air putih selalu nomor satu, tetapi kalau sudah sibuk mengerjakan proyek, kalau air di ceret sudah habis, malas nak berdiri untuk mengisi ulang. Hahahaha, kebiasaan buruk, tolong jangan di tiru ya temans.  Baiklah, ini dia info yang patut temans perhatikan untuk menjaga stamina, jangan seperti Citra yang belakangan ini gampang banget drop. Nggak enak sakit tuh, tidak bisa konsentrasi untuk mengerjakan sesuatu.

Kenapa temans butuh tubuh yang sehat dan prima karena tubuh yang sehat akan membuat temans melakukan aktivitas tanpa ampun hohoho, yuk hidup sehat dengan cara mudah karena mudahnya jadi terkadang suka Citra dan temans remehkan.

  • Rutin Berolahraga, olahraga merupakan obat terbaik untuk menambah energy dan mengatasi kelelahan. Dengan olahraga seperti aerobik, lari, berenang dan bersepeda akan dapat memperkuat jantung temans sehingga akan lebih banyak pula pasokan oksigen yang akan disampaikan ke seluruh tubuh. Dengan begitu produktifitas energy pun akan semakin banyak.


  • Banyak minum Air, kekurangan cairan pada tubuh merupakan salah satu penyebab kelelahan. Jika tubuh temans kekurangan cairan maka darah akan mengental. Pada akhirnya darah akan lebih lambat dialirkan dan butuh lebih banyak waktu untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, karena dengan minum secukupnya akan meningkatkan stamina tubuh.


  • Makan dengan Porsi sedikit tetapi sering, Makan dengan porsi banyak dan kaya karbihidrat akan menyebabkan gula darah meningkat. Ini akan membuat lebih banyak insulin yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Dengan Kondisi seperti ini akan berakibat terlalu banyak gula darah yang dikirim ke sel otot untuk disimpan dan Inilah yang menjadi biang keladi dari kelelahan. Oleh karena itu lebih baik sering makan tetapi dengan porsi kecil yang mempunyai asupan Gizi tinggi.


  • Rubah rutinitas, Bila kegiatan sehari-hari temans sudah dapat ditebak, temans harus melakukan perubahan pada rutinitas. Karena, kebosanan akan menjadi salah satu faktor yang akan menyebabkan energy anda lebih banyak terkuras.


  • Beristirahat walaupun sejenak, Pada saat anda sudah mencapai titik jenuh dan kelelahan pada aktifitas anda luangkan sedikit waktu untuk merefresh diri temans. Mengistirahatkan hanya dengan beberapa menit sudah cukup untuk memulihkan energi anda agar dapat melanjutkan aktifitas.


  • Konsumsi suplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3, Dr. Roberta Lee, Direktur Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York AS, menyarankan asupan multivitamin dan mineral untuk pasien yang kelelahan. Mengapa? Vitamin antioksi dan membantu tubuh menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas. Mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh. Asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar berjalan mulus.


  • Beri prioritas, Buat daftar hal paling penting dalam hidup, apa yang ingin temans lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan, kata Tony Schwartz, pengarang buku The Power of full Engagement, akan menghabiskan energi.



Sekian dulu informasi singkat ini temans, semoga berguna dan bye bye tubuh yang drop. Selamat akhir pekan



Salam sehat dan Kreativitas 


0 comments:

Posting Komentar