Jumat, 19 Februari 2016

Besok Festival Pulau Penyengat 2016



Ayo ada yang tahu tidak dimana pulau Penyengat? Mungkin bagi yang diluar Kepulauan Riau masih banyak yang tidak familiar dengan nama pulau satu itu. Pulau Penyengat merupakan bagian dari Kota Tanjungpinang, yang merupakan ibukota KEPRI. Pulau penyengat memiliki masjid unik, unik karena terbuat dari putih telur.

Nama pulau Penyengat juga dikenal dengan pulau Penyengat Indarasakti, pulau kecil yang berjarak + 2 km dari kota Tanjungpinang dan + 35 km dari kota Batam. Selain terkenal dengan Masjid  Raya Sultan Riau, yang tebuat dari putih telur. Sejarah mencatat , pulau Penyengat juga terkenal dengan kisahnya yang melegenda yaitu bahwa Sultan Mahmud menghadiahkan pulau tersebut sebagai mas kawin kepada istrinya Engku Putri.



Selain menjadi salah satu objek wisata sejarah di Kepulauan Riau, pulau Penyengat juga terdapat kompleks istana kantor, benteng pertahanan di Bukit Kursi, makam para raja dan juga pahlawan Nasional yang terkenal dengan Gurindam 12, Raja Ali Haji.

Besok di pulau Penyengat tepatnya tanggal 20-24 februari 2016 ada Festival Pulau Penyengat. Di mana even ini akan banyak perlombaan, diantaranya lomba jong, sampan layar, becak hias, gasing, pompong hias, fotografi dan masih banyak lagi. Bahkan ada lomba fotografi dengan  objek fotonya tentang pulau Penyengat. Hadiah yang diperebutkan senilah Rp75 juta dari Kemenpar RI. Yuk ikutan dalam membangun citra Indonesia terhadap ragam budaya dan wisata bahari yang indah dan menawan di mata dunia.


Untuk meramaikan Festival Pulau Penyengat 2016, Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang turun mengundang tim dari negara tetangga, seperti Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

0 comments:

Posting Komentar