Selasa, 19 Januari 2016

Sekilas Sejarah Donat



Makanan dan fashion tidak bisa dipisahkan, sejalan dengan perkembangan zaman. Donat tidak hanya memiliki satu toping saja, melainkan memiliki beragam kreasi unik. Bahkan ukuran donat tidak melulu besar dan memiliki lubang di tengahnya. Karena itu sekarang ini Fashion dan Food tidak bisa dipisahkan, semuanya memiliki selera style yang bisa dibilang sama. Selalu memberikan inovasi terbaru dalam gaya, cita rasa dan bentuk.

Apalagi makanan manis ini, donat merupakan makanan yang bisa dikonsumsi segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, siapa yang tidak suka donat? Makanan manis yang mengoda selera. Apalagi dengan bentuk-bentuk yang unik dan cita rasa yang menarik, pastinya let’s eating them so badly. Taukah kamu, bahwa donat adalah makanan yang bisa dijumpai hampir di seluruh dunia dengan beragam bentuk. Donat tidaklah mesti makanan bulat yang memiliki lubang di tengah. 


Sekilas Info Tentang Donat

Donat dalam bahasa Inggris disebut doughnuts atau donut. Donat menurut wikipedia adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan memiliki lubang di tengah.  Donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, dari jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Bahkan kabarnya, donat pertama kali dibuat oleh Belanda yang dibawa ke Amerika. Bahkan desas-desus lainnya, donat original adalah donat yang berbentuk cincin yang dikreasikan pria asal Denmark yang merupakan kapten kapal. Pria itu bernama Hanson Gregory.

Style Donat Masa Kini

Beragam  donat kini hadir di setiap negara dengan keunikannya sendiri. Pernahkah membayangkan memakan donat dalam bentuk voodoo. Nah, donat dengan style voodoo ini bisa didapatkan di Portland, Oregan di Amerika. Dimana donat ini berbentuk voodoo, pasti seram ya memakan donat yang berbentuk freak seperti itu. Meskipun bentuknya seperti manusia “hantu” (boneka voodooo) tetapi donat ini juga dihiasai toping dengan rasa raspberry dan juga coklat.

Donat yang paling menarik adalah donat yang topingnya dibentuk seperti kehidupan laut. Aduh, pasti indah bange ya? Bisa donk dibayangkan semua toping bernuansa biru dengan pepohonan, pasti menawan hati. Nah, donat ini adanya di Virginia. O’Doddle Doo’s ini memiliki lebih dari 300 dekorasi toping yang menarik. Salah satunya adalalah kehidupan pantai.

Oh ya berbicara donat dari berbagai negara atau dunia. Bentuk donat tidak harus bulat lho atau berbentuk seperti cincin. Emmmm koq bisa? Kita intip yuk, donat dari negara Italia. Di negara asal Pasta ini donat terkenal dengan nama Zeppole, bentuk donatnya kurang lebih hampir sama juga koq dengan indonesia. Perbedaannya hanya terdapat pada cara membentuk donat. Kalau donat di Indonesia berbentuknya bundar dengan ada lubang ditengahnya. Donat Italia ini dibentuk seperti jalinan tali bulat dan biasanya disajikan dengan gula halus dan juga custard plus ditengah lubang diberikan dekorasi buah ceri biar semakin stylist begitu.

(sumber : Diary-Citra)

0 comments:

Posting Komentar